HAKIKAT PEMBELAJARAN BAHASA

Bahasa (language)’ telah dipelajari dan dimaknai oleh para ahli, dari berbagai sudut pandang sejak pertengahan abad ke-20. Oleh karena sifatnya yang sangat kompleks, sejauh ini para ahli masih terus membahas konsep tentang kebahasaan secara konsisten dan komprehensif. Ketegasan menyangkut konsep tersebut sangat diperlukan karena semakin terbukanya hubungan antarbangsa yang mengakibatkan kebutuhan penguasaan bahasa kedua (B2) atau pun bahasa asing (BA) semakin meningkat. Penguasaan lebih dari satu bahasa akan memudahkan seseorang untuk memasuki kompetisi pemasaran global, baik bagi kaum elit maupun kaum buruh (Block & Cameron, 2002: 196).
Atas dasar permasalahan tersebut di atas, sebagai acuan dan untuk memilih landasan teori yang sesuai dengan permasalahan penelitian ini, berikut ini ditengahkan pandangan para bahasawan (linguists) pada kurun waktu antara abad ke -20 (sebagai pendahulu) dan dekade pertama awal abad ke-21 (pada saat disertasi ini ditulis) menyangkut ‘bahasa’. Konsep kebahasaan tersebut meliputi : pengertian bahasa, pembelajaran bahasa, pengajaran bahasa, dan kemampuan komunikatif.

Anda sedang membaca artikel dengan judul HAKIKAT PEMBELAJARAN BAHASA.
Temukan artikel ini dengan url : http://belajar-dan-pembelajaran.blogspot.com/2010/11/hakikat-pembelajaran-bahasa.html
Silahkan untuk menyebarluaskan artikel ini atau copy paste di blog anda tapi harus mencantumkan sumbernya dengan permalink seperti ini : HAKIKAT PEMBELAJARAN BAHASA

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar