PANDANGAN TRANSFORMATIONAL GENERATIVE GRAMMAR (TGG)

Teori ini juga disebut ‘pendekatan penalaran/daya pikir (mentalist approach)’ atau pandangan strukturalis. TGG sebenarnya telah dipublikasikan sejak tahun 1957, tetapi baru mulai dikonfrontir dengan teori trasisional pada tahun 1965. Perdebatan antarpenganut kedua paham tersebut dipicu oleh ketidaksetujuan Chomsky dan pengikut-pengikutnya yang meyakini bahwa bahasa bersifat amat kompleks, sehingga bahasa tidak mengkin dikuasai hanya dengan pembiasaan perilaku (behavioral habits) atau pembiasaan pertuturan (operant conditioning). Perilaku verbal yang teramati menurut paham ini sebenarnya hanya menyentuh gunung es (tip of the iceberg), yang artinya tidak berpengaruh sama sekali terhadap penguasaan bahasa.
Menurut paham ini, di dalam otak manusia terdapat sistem tata bahasa yang disebut Tata Bahasa Semesta (Universal Grammar/UG) dan tersimpan di dalam siatu sistem syaraf yang oleh Chomsky disebut Alat Pemerolehan Bahasa (Language Acquisition Device/LAD). Atas dasar sistem inilah seseorang mampu menghasilkan dan memahami kalimat yang kemungkinan belum pernah dijumpai atau didengar pada saat melakukan komunikasi. Aspek kreatif bahasa yang paling utama menurut paham ini adalah pengembangan sistem kognitif internal, yaitu tata bahasa target (internal grammar of the target language).

Anda sedang membaca artikel dengan judul PANDANGAN TRANSFORMATIONAL GENERATIVE GRAMMAR (TGG).
Temukan artikel ini dengan url : http://belajar-dan-pembelajaran.blogspot.com/2011/01/pandangan-transformational-generative.html
Silahkan untuk menyebarluaskan artikel ini atau copy paste di blog anda tapi harus mencantumkan sumbernya dengan permalink seperti ini : PANDANGAN TRANSFORMATIONAL GENERATIVE GRAMMAR (TGG)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar