Perbedaan Pembelajaran dengan Pemerolehan Bahasa

Berbeda dengan pembelajaran bahasa (seperti yang sudah dijelaskan disini), pemerolehan bahasa memakan waktu yang lama dan memerlukan kesabaran. Pemeroleh bahasa sering membuat kesalahan dalam menggunakan bahasanya. Selain itu, apa yang telah dipelajari oleh pemeroleh bahasa mudah terlupakan sedangkan apa yang diperoleh akan terus diingat dan selanjutnya digunakan sebagai landasan komunikasi, termasuk untuk memonitor, mengoreksi, dan menginterpretasikan apa yang telah dikuasainya.
Prinsip perbedaan istilah 'pembelajaran-pemerolehan' adalah adanya perbedaan cara pembelajar bahasa dewasa dalam mengembangkan ketrampilan dan pengetahuan dalam B2 (Bahasa Kedua). Secara sederhana, arti dari 'pemerolehan' adalah 'memungut' (picking it up), yaitu mengembangkan kemampuan berbahasa dalam situasi komunikatif alamiah, sebagaimana anak-anak memperoleh bahasa pertama (B1) dan (dimungkinkan pula) B2 mereka. Orang dewasa juga dapat memperoleh B2, tetapi tidak sebaik ank-anak. Pemerolehan bahasa tampaknya menjadi sentral dan sarana terpenting untuk memperoleh ketrampilan linguistik, baik bagi anak-anak maupun orang dewasa.

Anda sedang membaca artikel dengan judul Perbedaan Pembelajaran dengan Pemerolehan Bahasa.
Temukan artikel ini dengan url : http://belajar-dan-pembelajaran.blogspot.com/2011/03/perbedaan-pembelajaran-dengan.html
Silahkan untuk menyebarluaskan artikel ini atau copy paste di blog anda tapi harus mencantumkan sumbernya dengan permalink seperti ini : Perbedaan Pembelajaran dengan Pemerolehan Bahasa

1 komentar:

  1. Hi! I wish you a beautiful day and have a nice week. Friendly greeting for you from Grevena Greece. http://fotisbazakas.blogspot.com

    BalasHapus